Penanganan Batu Saluran Kemih

Tembak Batu Ginjal dengan ESWL
ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) merupakan suatu teknologi tinggi yang dapat menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut, tindakan ini mempunyai efek samping yang lebih kecil dibandingkan   dengan tindakan operasi.
Angka keberhasilan tindakan ini rata-rata mencapai 90 persen, tergantung jenis dan ukuran batu. Tindakan ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dan biasanya tidak memerlukan rawat inap. Pada kasus dengan faktor penyulit perlu perawatan lebih lama hingga rawat inap.

Pengambilan batu di saluran ureter dengan URS
Ureterenoscopy atau yang biasa disingkat dengan URS, merupakan piranti medis bagian dari rumpun tekonologi endolaparascopy yang sangat bermanfaat guna menolong pasien yang menderita sakit pada saluran kencing seperti : infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, hingga batu yang menyumbat di ujung saluran kemih (ureter proximal) di daerah sekitar ginjal.
Tersedianya layanan URS ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh banyak pasien yang berobat di RSUI Kustati. Layanan URS ini termasuk layanan unggulan. Oleh karenanya, layanan ini juga menjadi layanan pilihan yang paling disukai banyak pasien dari berbagai daerah guna mengatasi keluhan saluran kemih yang dirasakannya.

Penanganan Batu Ginjal dengan Metode PCNL
Percutaneous Nephrolithotomy dan nephrolithotripsy (PCNL) merupakan metode pengambilan batu ginjal yang berukuran sedang / cukup besar.  Metode PCNL ini biasanya ditempuh apabila metode ESWL tidak memungkinkan untuk dilakukan.
Tindakan  PCNL dilakukan dengan membuat sayatan kecil (0,5 inci) di bagian samping belakang pasien di daerah ginjal.  Melalui sayatan tersebut alat PCNL dimasukkan untuk mengambil batuginjal. Selama proses ini berlangsung pasien dikontrol oleh dokter anestesi.Dengan metode PCNL ini pasien akan lebih cepat pulih dibandingkan metode operasi yang konvensional.