Tentang Kami

SEJARAH BERDIRINYA

RSU Islam Kustati merupakan institusi pelayanan kesehatan didirikan oleh Yayasan Kustati. Nama ‘Kustati’ berasal dari nama salah seorang putri bangsawan Kasunanan Surakarta yang bernama G.P.H. Hadiwijoyo.
Riwayat gedung RSUI Kustati cukup panjang dalam sejarah perjuangan Republik Indonesia. Sejak tahun 1930 cikal bakal bangunan tersebut dipakai sebagai Asrama Siswa H.A.S (Holland Arabische School), dan semasa perjuangan kemerdekaan dipakai sebagai Markas Hizbullah. Kemudian sejak tahun 1948 gedung tersebut dipakai sebagai Sekolah Guru dan Hakim Islam (HGSI) dibawah Departemen Agama, dan pada tanggal 21 Desember 1848 bangunan gedung tersebut dibumihanguskan oleh TNI agar tidak dipakai oleh tentara Belanda.
Awalnya pada hari Pahlawan 10 November 1962, ‘klinik Kustati’ dibuka, yang kemudian dikembangkan menjadi ‘Klinik Bersalin’ pada tahun 1963. Perijinan dari Dep.Kes RI sebagai rumah sakit dimulai pada tahun 1984, tepatnya melalui Surat Keputusan Departemen Kesehatan Republik Indonesia atas nama Menteri Kesehatan RI, Dirjen Yanmed No. 458 / Yankes / RS / 1984 tertanggal 6 Maret 1984.
Di Kecamatan Pasar Kliwon, RSUI Kustati dikelilingi oleh Kalurahan semanggi di sebelah timur, Kelurahan Gajahan dan Kalurahan Baluwarti di sebelah Barat, Kalurahan Kedung Lumbu di sebelah Utara dan Kalurahan Joyosuran di sebelah Selatan.
Sedang ditinjau dari letak kota sekitarnya , RSU Islam Kustati Surakarta berdekatan dengan Kota Kawedanan Bekonang, Kabupaten Sukoharjo di sebelah timurnya dan kota kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo disebelah selatannya. Disebelah Barat dibatasi oleh kecamatan Serengan dan Laweyan. Disebelah utara oleh Kecamatan Jebres.
Ditinjau dari tempat pariwisata, maka RSU Islam Kustati Surakarta terletak di sebelah timur dari obyek wisata Keraton Kasunan Surakarta.

KEDUDUKAN DAN STATUS
RSUI Kustati Surakarta adalah amal usaha dari Yayasan Kustati yang bergerak di bidang kesehatan. Adapun status dari RSUI Kustati Surakarta adalah Rumah Sakit Umum Swasta Tipe Madya (Type C).

LETAK GEOGRAFIS
RSUI Kustati Surakarta mempunyai letak geografis yang sangat strategis di jalan Kapten Mulyadi No. 249, Kampung Wiropaten RT.03 RW.10, Kalurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Kotamadya Surakarta. Jalan Kapten Mulyadi tersebut adalah jalur utama lalu lintas kendaraan dari terminal Bis Solo kearah Wonogiri. Saat ini dilalui jalur Batik Solo Transport (BST)
Sedang ditinjau dari letak kota sekitarnya, RSUI Kustati Surakarta berdekatan dengan Kota Kawedanan Bekonang, Kabupaten Sukoharjo di sebelah timurnya dan kota kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo disebelah selatannya. Disebelah Barat dibatasi oleh kecamatan Serengan dan Laweyan. Disebelah utara oleh Kecamatan Jebres.
Ditinjau dari tempat pariwisata, maka RSUI Kustati Surakarta terletak di sebelah timur dari obyek wisata Keraton Kasunan Surakarta.
Sedang ditinjau dari letak kota sekitarnya, RSUI Kustati Surakarta berdekatan dengan Kota Kawedanan Bekonang, Kabupaten Sukoharjo di sebelah timurnya dan kota kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo disebelah selatannya.Disebelah Barat dibatasi oleh kecamatan Serengan dan Laweyan. Disebelah utara oleh Kecamatan Jebres.
Ditinjau dari tempat pariwisata, maka RSUI Kustati Surakarta terletak di sebelah timur dari obyek wisata Keraton Kasunan Surakarta.

FALSAFAH, VISI, MISI DAN MOTTO
Dalam melayani anda kali memiliki Falsafah, Visi, Misi dan Moto sebagai berikut:

  1. Falsafah
    Mendidik dan memelihara rasa syukur manusia untuk mengikhtiari terpenuhinya harapan hidup dan kehidupan yang sehat wal’afiat.
  2. Visi
    Menjadi rumah sakit yang mengutamakan kesehatan penderita, bermutu dan terjangkau.
  3. Misi
    Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang profesional, paripurna dan Islami bagi masyarakat
  4. Moto
    Ikhtisar Insani Menuju Sehat